Persiapan sebelum Backpacker

Kali ini saya akan menulis tentang persiapan sebelum backpacker, baik itu barang-barang atau hal lain yang "harus" dibawa pada saat kita ber backpacker ria.


Berikut barang-barang standar isi tas ransel kita pada saat backpacker:

Kalau untuk saya, isi tas ada kategori-nya:
  1. Wajib mutlak (semua kesempatan & medan ditempuh harus ada)
  2. Backpacking dalam kota
  3. Backpacking luar kota
Nah, yang wajib banget ada di setiap kesempatan & 'gak pernah saya keluarin dari dalam ransel walaupun 'gak pergi (karna saking sering bepergian jadi jarang banget dikeluarin kecuali saat dibersihkan) :D:
  • Peralatan mandi ukuran mini lengkap (sikat gigi, pasta, sabun, sikat muka, shampoo, dll)
  • Peralatan Sholat
  • Kantong isi: colokan listrik T, card Reader & charger hp
  • P3K minimal.
Itu aja sih yang buat saya wajib & gak boleh lupa, jadi saya pasti 'gak akan keluarkan dari ransel supaya 'gak pernah ketinggalan. Dan kalau diperlukan packing 5 menit 'ngejar pesawat dadakan, tinggal masukin handuk & baju2 berjumlah berdasarkan hari yang akan ditempuh dalam perjalanan. Tidak lupa, diusahakan semua barang wajib berukuran mini atau sekecil mungkin dan berbahan ringkas agar efisien dan tidak menjadi beban yang 'nyusahin di jalan.

Peralatan tambahan lain yang diperlukan untuk di bawa, juga menyesuaikan dengan jenis backpacking dalam atau luar kota. Misalnya kalau di luar kota memerlukan alat2 snorkling, atau naik gunung perlu ponco, jaket, carrier volume lebih besar, dll... tentu lebih ringkas kalau hanya dalam kota aja...

Semoga bermanfaat

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar