Rute perjalanan mendaki ke Gunung Bromo


Tasrangsel - Salah satu tujuan menarik bagi backpackers adalah gunung. Salah satu gunung yang patut anda kunjungi adalah gunung bromo, yang terletak di jawatimur. Di sini saya mencoba berbagi bagaimana menuju atau rute yang bisa di.tempuh Tapi sebelumnya ijinkan saya sedikit berbagi apa, dimana dan bagaimanakah gunung bromo itu?

Gunung Bromo Pagi Hari

Ini saya ambil langsung dari wikipedia berbahasa indonesia.

Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Gunung Bromo juga merupakan gunung yang suci, Bagi penduduk Bromo, suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Sekarang saya mencoba menulis rute yang saya rekomendasikan, mulai dari terminal sampai ke puncak.

ada 3 rute untuk mencapai bromo, lihat di bawah untuk detailnya.

1. Dari surabaya malalui Probolinggo - Cemoro Lawang
- dari terminal bungurasih naik bus tujuan probolinggo tarif berkisar 20rb
- Setelah sampai terminal probolinggo, naik minibus tujuan Cemoro Lawang (25rb)
- Setelah sampai di Cemoro Lawang, ada beberapa cara untuk mencapai puncak.. antara lain, naik ojek (50rbu-100rbu), sewa Jeep (300rbu untuk 6-8 orang), atau jalan kaki. :D

2. Dari surabaya atau malang via Nongkojajar
Untuk rute ini lebih baik anda membawa motor sendiri atau mobil sendiri, karena dari rute ini tidak ada kendaraan umum.

3. Dari Malang Via Timpang Ngadas
- Setelah sampai terminal bus Malang, Silahkan naik angkot warna putih dengan kode (TA - Tumpang Arjosari), Turun di Pasar Tumpang. Silahkan cari ojek didepan indomaret untuk mencapai puncak.
- Jika ingin sehari penuh tanpa melihat matahari terbit, anda dapat membayar sekitar 100rbu (pp), anda dapat berhenti di Coban Pelangi (air terjun pelangi) di perjalanan.
- JIka ingin melihat matahari terbit, cukup bayar sekitar 40rbu untuk mencapai desa Ngadas, di sana anda dapat menemukan tempat penginapan (sekitar 50rbu/malam) dan dari sana anda bisa sewa jeep, ojek ataupun jalan.

Sekian penjelasan rute perjalanan mendaki ke gunung bromo, semoga bisa menjadi referensi anda dalam menikmati indahnya gunung bromo.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar